MODIFIKASI VESPA PX ALA BALAP
Anda punya vespa PX? Bingung mau modifikasinya? Vespa PX adalah salah satu varian vespa yang termasuk vespa yang mempunyai bodi cukup "GEMBROT". Banyak vespa biker yang bingung mau memodifikasi vespa PX nya. Pada artikel kali ini akan sedikit dibahas tentang contoh modifikasi vespa PX ala balap. Sebagai contohnya adalah modifikasi vespa PX tahun 1982
Friday, 24 February 2012
PERTOLONGAN PERTAMA KETIKA BUSI VESPA MATI
Kejadian yang paling tidak mengenakan ketika sedang naik vespa adalah busi vespa mati. Apalagi kalau posisi kita sedang jauh dari toko spearpart, pasti yang ada hanya dongkol. Bila dalam posisi seperti ini jangan panik, ada beberapa cara pertolongan pertama ketika busi vespa mati. Namun ini hanya bersifat darurat jadi busi hanya bisa dipakai sementara sampai Anda dapat menemukan toko spearpart dan membelu busi baru. Tips pertolongan pertama ketika busi mati ini tidak
Friday, 17 February 2012
Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar
![mengatasi vespa boros bahan bakar](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSeYew-R-BoXHxVylS-TebMqk43G0D0GK-s4WwIUGBcAyEmrzDxYko4AmDLkdUZ0DMDETTj6t5GOAL3nSBQF_PsXko_rmlarsVWs0ujCJD2J0DqMdXfX4mPd7B0gEx_SeL8J1ZKlljPYCH/s280/vespa+dan+SPBU.jpg)
1. Kualitas bahan bakar, termasuk ukuran campuran oksigen, oli dan bensin.
Saturday, 11 February 2012
Mengganti Karburator Vespa dengan Karburator RX KING
Apakah karburator vespa bisa diganti dengan karburator RX KING? Bagaimana cara mengganti karburator vespa dengan karburator RX KING? Mungkin membaca judul artikel ini banyak yang tidak percaya. Namun memang begitu adanya, ya mengganti karburator vespa dengan karburator RX KING yang dari secara bentuk sudah jauh berbeda dan dari silsilah keluarga juga tidak nyambung. Berkat keisengan dan percobaan yang dikakukan oleh Sigit Prasetyo seorang mekanik vespa di salah satu bengkel vespa di Pekalongan Metro, Lampung, akhirnya terjadilah persilangan antara motor Italia dan Jepang.
Mungkin belum banyak yang tau bagaimana cara memasangnya, serta keuntungannya. Menurut Sigit keuntungan mengganti karburator vespa dengan karburator RX King adalah lebih mudah dalam pemakaian, setting, perawatan, karburator standar vespa sering banjir ketika mesin lama tidak dihidupkan sehingga menyulitkan ketika pengendara vespa akan menghidupkan mesin. Selain itu Sigit juga mengatakan kalau menggunakan karburator RX King lebih hemat bahan bakar dan lebih bertenaga.
Menurut Sigit cara mengganti karburator vespa dengan karburator RX KING cukup mudah dan sederhana. Alat dan bahan yang harus disiapkan antara lain;
1. Karburator motor Yamaha RX King
2. Membran lubang hisap karburator RX King.
3. Leher angsa atau lubang Manifold
leher angsa ini dibuat sendiri menggunakan alumunium untuk bentuk nya seperti pada gambar
dari samping |
dari atas |
untuk lubang manifold bagian atas dibuat berbentuk persegi ukurannya mengikuti ukuran membran, sedangkan untuk lubang manifold yang menuju bak mesin Sigit mengatakan tidak ada ukuran pasti yang jelas ukuran maksimal lubang manifold sepanjang lidah hisap pada As Kruk.
4. Bahan yang ke empat adalah selang karet untuk radiator pendingin mobil, fungsi selang ini nantinya dijadikan selang penghubung antara membran dan karburator.
CARA MEMASANG
Pertama kali bongkar karburator vespa standar anda, kemudian menggunakan alat bor dan kikir buat sedikit lebar lunag hisap pada bak mesin vespa untuk ukuran seperti yang sudah dijelaskan pada bahan manifold diatas.
Kemudian masih menggunakan bor buat dudukan untuk memasang baut leher angsa. Sigit menyarankan lebih bagus lagi kalau bautnya dilas dengan bak mesin jadi tidak terlalu merusak bak mesin (lihat pada gambar manifold) kemudian menggunakan gasket dan lem pasangkan leher angsa dengan mbak mesin dan kencangkan dengan mur.
kemudian setelah merekat kuat pasangkan menbran keunjung atas leher angsa dan kencangkan dengan mur dan baut.
Selanjutnya untuk menghubungkan antara membran dan karburator gunakan karet selang radiator mobil, jangan terlalu panjang yang penting bisa untuk memasang karburator di membran.
kemudian kencangkan dengan klem. dan karburator siap di setting, dan silahkan Anda mencoba....
Saturday, 28 January 2012
Setting Karburator Motor Vespa
Setting Karburator Motor Vespa Anda
![Setting Karburator Motor Vespa](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnCcm15un_Qn-LNFF_0LbnlCt0D4uk-JpB91VZ3Xx5lSu2q6BiKESMz4TZK6TrPspmTipWoSF6j9iLIFaahXyZGHeApZ1ukmWq9A_ZCbMQvzBbK_UmkP71lUc7vIM1c2Vyqq7KYfdxHSqW/s280/setting+Karburator+vespa.gif)
wah bro or sist.... jangan copy paste gitu.... cb belajar jadi blogger yang sehat.....
BalasHapusMotor RK king Urng selalu Kabur gas nya padahal sudah di ganti kabel gas nya tetapi masih aja suka kabur ada solusi ga kawan??? Kira_kira Naona Eung ya???
BalasHapusBegini,,,,, Mohon Maaf kawan.
BalasHapusmotor sya King Tahun 1996, ini sys penyaikitnya ga ketemu_ketemu Mungkin sya yg bodo atau bengkelnya yg ga ngerti, Motor sya gas nya/suara sering kabur padahal kabel gas nya sudah sya ganti sma sekep karbunya berikut Per karbunya juga, tetepi setiap jaln sekian meter kurang lebih setengah kilo selalu kabur terus Gas nya, tetapi jika di kocok dan berhenti baru lancar lagi….!
apa kendala ada kebocoran atau gimna??? tolong kawan_kawan yg punya pengalaman berbagi dong sya bener_bener sudah mentok nih.